Rabu, 31 Oktober 2007

JANGAN LUPAKAN SEJARAH (JASMERAH)

Bangsa adalah sebuah kumpulan manusia yang punya kesamaan dari wilayah, budaya sampai sejarahnya. Dalam perjalanannya tidaklah akan lepas dari upaya-upaya merebut dan mempertahankan eksistensinya. Harta, darah bahkan jiwa dikorban untuk memunculkan akan jatidiri suatu bangsa, walaupun sebelumnya kalah dan terjajah namun selanjutnya akan MERDEKA.
Indonesia sebagai negara besar tidaklah lepas dari anasir-anasir diatas. Dalam perjuangannya banyak sekali yang harus dikorban oleh para pejuang-pejuang terdahulu.
Namun sayang ironisnya, banyak diantara anak bangsa sekarang lupa akan eksistensi bangsanya bahkan sosok pejuangnya. Anak bangsa sekarang lebih mengenal tokoh-tokoh imajenasi seperti "Power Renger", "Daroemon", "Avater" bahkan "Si Unyil" daripada mengenal pahlawannya yang telah mengorbankan harta dan jiwanya, ironis sekali...!!!
Inilah kerja besar para pendidik, khususnya para guru sejarah/IPS. Marilah kita untuk menghargai dan menandai kehidupan ini dengan jiwa-jiwa para pahlawan kita. Mereka berjuang tanpa mengenal apa kata "PAHLAWAN", yang mereka perjuangkan adalah bagaimana 'bangsa besar' ini tetap eksis dan selalu didepan dalam segala perjuangan menegakkan kemerdekaan dan kedaulatan suatu bangsa.
Jadikan perjuangan para pahlawan sebagai cerminan dalam memperjuangkan apa pun juga tanpa harus berharap imbalan apalagi gelar "PAHLAWAN". Jadikan bapak-bapak bangsa kita sebagai suri tauladan dalam kehidupan kita.
Janganlah bangsa ini lupa akan para pahlawan, marilah kita perjuangkan terus nilai-nilai kepahlawanan mereka dalam kehidupan kita. Dan ingat putra-putra penerus bangsa 'JANGANLAH SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH'. Mari kita bangun bangsa ini dengan ruh jiwa para pahlawan, sehingga kita terlepas dari segala belenggu kendali bangsa lain. Jadikan bangsa ini sebagai bangsa besar yang anak bangsanya siap mengorbankan jiwa, hidup dan raganya untuk kebasaran bangsa tercinta ... INDONESIA..!!

1 komentar:

Jas Merah PD II mengatakan...

Menurut sejarah, Zionis dan Nazi (Hitler) ternyata memiliki akar yang sama.

Sejarah itu penting. Jangan lupakan sejarah!